Sabtu, 13 Oktober 2012

Sebuah bentuk misterius berupa geoglyph ukuran besar Ditemukan di Rusia

Bentuk Misterius Aneh Ditemukan di Pegunungan Ural
Ini adalah gambar satelit dari Google Earth tahun 2007 yang memperlihatkan bentuk geoglyph di Rusia yang kemungkinan terkait dengan Nazca Lines, Peru, Rusia.
Foto: Live Science

Sebuah bentuk misterius berupa geoglyph ukuran besar menyerupai rusa besar di Rusia menyerupai bentuk  Nazca Lines di Peru yang usianya ribuan tahun. Demikian dilansir LiveScience, Jumat (12/10/2012).
Struktur berbentuk hewan itu ditemukan di dekat Danau Zjuratkul, Pegunungan Ural, sebelah utara Kazakhstan memiliki moncong yang panjang, empat kaki, dan dua tanduk. Sebuah gambar satelit Google Earth yang bersejarah pada tahun 2007 memperlihatkan kemungkinan itu adala ekor tetapi kini hasil gambar itu kurang jelas.
Tidak termasuk bentuk yang kemungkinannya ekor, panjang bentuk misterius itu sekitar 275 meter dari sisi  barat laut ke arah tenggara. Para peneliti memperkirakan, ukurannya dua kali lapangan football Amerika Serikat (AS). Bentuk misterius ini menghadap ke utara dan bisa dilihat dari punggung bukit terdekat.
"Sosok ini awalnya seperti terlihat berwarna putih dan mengkilap melawan arah lapangan padang rumpur," demikian tulis Stanislav Grigoriev dari Russian Academy of Sciences Institute of History & Archaeology dan Nikolai Menshenin dari State Centre for Monument Protection. Penemuan ini diterbitkan di Antiquity. Mereka memasukkan catatan jika bentuk misterius ini ditutupi oleh tanah.
Bentuk ini dimunculkan pada musim panas lalu dengan menambahkan lebih banyak cahaya dan komposisinya dan sejumlah ilmuwan menduga ini adalah produk dari jaman megalitikum. Ratusan situs bentuk kebudayaan megalitikum ditemukan di Pegunungan Ural dan yang paling dekat adalah yang terletak di sebuah pulau yang berjarak 60 kilometer timur laut bentuk geoglyph itu.
Ini adalah gambar satelit dari Google Earth tahun 2007 yang memperlihatkan bentuk geoglyph di Rusia yang kemungkinan terkait dengan Nazca Lines, Peru, Rusia.