Sabtu, 13 Oktober 2012

Bukit Cokelat di Filipina


bloggermalaz.blogspot.com - Bukit Cokelat di Filipina

PARIWISATA Filipina semakin berkembang terutama di negara-negara Asia Tenggara. Daya tarik negara kepulauan ini adalah pantai-pantainya yang masih alami dan sepi. Namun, ada lagi daya tarik Filipina yang lebih unik dari pantai-pantainya, yaitu The Chocolate Hills.

The Chocolate Hills atau Bukit Cokelat adalah sebuah formasi geologi yang tidak biasa di Provinsi Bohol, Filipina yang berbentuk bukit-bukit sebanyak 1.260 bukit yang tersebar di area seluas lebih dari 50 kilometer persegi. Bukit-bukit ini merupakan bukit kapur yang tertutup rumput hijau yang berubah menjadi Cokelat pada musim kemarau, karena itulah disebut Bukit Cokelat.

Bukit Cokelat yang berjumlah ribuan ini menyebar di Kota Carmen, Batuan, dan Sagbayan. Setiap kota memiliki sebuah area untuk melihat pemandangan Bukit Cokelat ini namun yang paling ramai dikunjungi wisatawan adalah di Kota Carmen.

Secara geologis, Bukit Cokelat ini terbentuk pada jutaan tahun lalu, yang dulunya merupakan gundukan kapur. Gundukan kapur ini kemudian melebur dengan adanya hujan, air permukaan dan juga erosi dari sungai yang bergabung dengan proses tektonik hingga menjadi perbukitan. Bukit-bukit ini kemudian terpisahkan dengan adanya dataran-dataran datar yang mengandung banyak gua-gua dan mata air.

Dalam legenda masyarakat Bohol, Bukit Cokelat ini dinyatakan terbentuk karena pada jaman dahulu ada dua raksasa yang berkelahi sambil saling melemparkan batu dan pasir. Ketika mereka telah selesai dan meninggalkan tempat tersebut mereka meninggalkan begitu saja sisa-sisa pertempurannya sehingga menjadi Bukit Cokelat seperti yang dapat dilihat sekarang ini.

Bukit Cokelat ini telah menempatkan Bohol dalam peta pariwisata Filipina jauh sebelum negara ini mempromosikan pantai-pantai indahnya. Bukit Cokelat merupakan ikon Filipina sejak dahulu, dan merupakan destinasi wisata yang membuat Bohol terkenal. Dari 1.247 bukit-bukit tersebut, dua diantaranya telah dibangun resor untuk wisatawan. Sebelumnya resor hanya dapat ditemukan di Kota Carmen.

Resor di Kota Carmen memiliki sebuah dek untuk melihat pemandangan Bukit Cokelat dalam jarak pandang 360 derajat, dan hanya berjarak lima kilometer dari Kota Tagbilaran, Ibukota Provinsi Bohol.


bloggermalaz.blogspot.com - Bukit Cokelat di Filipina

bloggermalaz.blogspot.com - Bukit Cokelat di Filipina